IMPLEMENTASI METODE MENGAJAR VARIATIF DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Authors

  • Heri Kiswanto Sekolah Tinggi Teologi Bethel Banjarbaru
  • Aristo Sekolah Tinggi Teologi Bethel Banjarbaru
  • Like Pris Dian Cahyaningtyas Sekolah Tinggi Teologi Bethel Banjarbaru

DOI:

https://doi.org/10.63576/ekklesia.v2i2.46

Keywords:

Metode Mengajar Variatif, Pendidikan Agama Kristen, Variative Teaching Methods, Christian Religious Education

Abstract

Abstract: In the teaching and learning process, teaching methods are very important, so that learning activities stimulate student learning, because in certain conditions a student will feel bored with the lecture method, so a teacher needs to change the atmosphere by using other methods such as: question and answer method, discussion method , socio drama method or field trip method. Some of these methods can be used by a teacher when carrying out teaching activities. The aim of this research is how varied methods can eliminate the boredom that occurs in students when studying. so that the atmosphere of teaching activities becomes calming. Based on the research results, it can be concluded that using varied teaching methods improves student learning outcomes, because the use of these methods will have an impact on students' interest and enthusiasm to follow the learning delivered by the teacher. Therefore, a teacher does not ignore methods. In teaching, teachers are expected to be able to apply or use varied methods because using varied methods has a very large influence, role and function, where the presentation of learning material attracts more students' attention, can stimulate students' enthusiasm for learning. The method used in this research is qualitative research which uses a library research approach, where the author collects data from various sources, namely: the Bible, books and journal articles related to the title, namely: Implementation of varied teaching methods in Christian Religious Education. 

Abstrak: Dalam proses belajar mengajar, metode mengajar sangatlah penting, agar kegiatan pembelajaran menggairahkan belajar siswa, karena pada suatu kondisi tertentu seorang siwa akan merasa bosan dengan metode ceramah maka seorang guru perlu mengalihkan suasana dengan mengunakan metode lain seperti : metode tanya jawab, metode diskusi, metode sosio drama atau metode karyawisata. Beberapa metode ini dapat digunakan oleh seorang guru ketika melakukan kegaiatan mengajar. Tujuan dari peneilitaian ini, ialah  bagaimana  metode yang bervariatif dapat menghilangkan kebosaan yang terjadi dalam diri siswa ketika belajar.  sehingga suasana kegiatan pengajaran menjadi menenangkan. Berdasarkan dari hasil peneilitian bahawa dapat disimpulkan penungaan metode mengajar yang bervariatif meningkatakan hasil belajar siswa, karena penggunaan metode tersebut akan berdampak pada minat serta semangat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu seorang guru tidak mengabaikan yang namanya metode. Dalam mengajar guru diharapkan bisa menerapkan atau menggunakan metode yang bervariasi karena dengan menggunakan metode yang bervariasi mempunyai pengaruh, peran dan fungsi yang sangat besar, dimana penyajian bahan pelajaran lebih menarik perhatian siswa, dapat merangsang gairah belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi pustaka (library research) bagaimana penulis mengumpulkan data dari berbagai sumber yaitu: Alkitab, buku dan artikel  jurnal yang berhubungan dengan judul yaitu : Implementasi metode mengajar variatif  dalam Pendidikan Agama Kristen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiani, Della, Djoko Hari Supriyanto, and Widya Trio Pangestu. “Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Nglencong Kecamatan Sine.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 05, no. April (2022): 57–64.

Ali Muhammad. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1996.

Daniel Nuhamara. Pembimbing PAK. Bandung: Jurnal Info Media, 2007.

Edison, F. Thomas. Metode Mengajar. Bandung: Kalam Hidup, 2017.

Ependi, Samsul. “Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Sd Negeri 012 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 2 (2018): 256.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1 (2021): 33–54.

Idris, Zahara. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Angkasa, 1984.

Iswahyudi, Novida Dwici Yuanri Manik, and Juli Santoso. “Implementasi Media Pembelajaran Di Pendidikan Agama Kristen Untuk Peningkatan Kerohanian Peserta Didik.” EKKLESIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 SE-Articles (2022): 8–17. http://ojs.sttekklesiaptk.ac.id/index.php/ekklesia/article/view/12.

Karyadi, Karyadi. “Peningkatan Hasil Belajar Melaporkan Isi Bacaan Melalui Metode Diskusi.” Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 2, no. 1 (2017): 80.

Kawangung, Yudhi, Nunuk Rinukti, and Arnita Ernauli Marbun. “Kajian Terhadap Standarisasi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Teruna Bhakti 2, no. 1 (2019): 1.

Legi, Hendrik. “Implikasi Metode Mengajar Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 12–24.

Nurhaliza, Emi Tipuk Lestari, and Fivi Irawani. “Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu.” Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial 1, no. 2 (2021): 11–19.

Rusman. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2014.

Salam, R. “Efektifitas Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Metode Karyawisata Dalam Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Profesi Keguruan 3, no. 1 (2017): 105–111.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

———. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Media Group, 2010.

Suandi, I Nyoman. “Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD.” Journal of Education Action Research 6, no. 1 (2022): 135–140. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/45083.

Sudjana. Peneliti Proses Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2009.

Suherti, Heti, and Tetty Fatimah Tsuroya. “Implementasi Model Cooperative Learning Teknik Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mengajar Dalam Program Latihan Profesi.” Jurnal Soshum Insentif (2019): 67–79.

Suparji. “Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Pendidikan Rokania II, no. 3 (2017): 2146–2155.

Syaiful Bahari Djamarah. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT.Rineka Cipta,. Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2000.

Syaiful Bahri Djamarah Dan Aswan Zain. “Strategi Belajar Mengajar.” Jakarta: PT. RinekaCipta., 2002.

———. “Strategi Belajar Mengajar.” 2006. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Tenney, C. Merrill. “Survei Perjanjian Baru.” Malang: Gandum Mas, 2009.

Tuju, Serva. “Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Markus.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 4, no. 1 (2021): 23–34.

W. Gulo. “Strategi Belajar Mengajar.” Jakarta: Grasindo, 2002.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Kiswanto, H., Aristo, & Like Pris Dian Cahyaningtyas. (2024). IMPLEMENTASI METODE MENGAJAR VARIATIF DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. EKKLESIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(2), 135–148. https://doi.org/10.63576/ekklesia.v2i2.46

Issue

Section

Articles