EFEKTIVITAS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI PERTUMBUHAN ROHANI REMAJA DI GEREJA KRISTUS RAHMANI INDONESIA JEMAAT DIASPORA CAWANG
DOI:
https://doi.org/10.63576/ekklesia.v3i2.98Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, pertumbuhan rohani, remaja, gereja, efektif, Christian Religious Education, spiritual growth, teenagers, church, effectivenessAbstract
ABSTRACT: Christian religious education plays a crucial role in shaping and fostering the spiritual growth of teenagers in the church. This study aims to analyze the effectiveness of Christian Religious Education in supporting the spiritual growth of teenagers at Gereja Kristus Rahmani Indonesia Jemaat Diaspora Cawang. The research employs a quantitative descriptive method with a survey approach, where data is collected through questionnaires distributed to church teenagers and interviews with Christian religious education teachers and church leaders. The results indicate a significant positive correlation between the effectiveness of Christian religious education and teenagers' spiritual growth, as evidenced by an increased understanding of the Bible, discipline in worship, and active involvement in church ministry. Factors that contribute to the effectiveness of Christian religious education include interactive teaching methods, parental involvement, and the role of church leaders in guiding teenagers. However, several challenges remain, such as the lack of teenagers’ interest in Christian religious education and the influence of secular culture affecting their spiritual commitment. This study concludes that structured and relevant Christian religious education is highly effective in supporting teenagers' spiritual growth. Therefore, churches are encouraged to continuously improve the quality of Christian religious education through more innovative methods and by fostering a conducive spiritual environment for teenagers' faith development.
ABSTRAK: Pendidikan Agama Kristen memegang peran krusial dalam membentuk dan mendukung pertumbuhan rohani remaja di gereja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Pendidikan Agama Kristen terhadap pertumbuhan rohani remaja di Gereja Kristus Rahmani Indonesia Jemaat Diaspora Cawang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Instrumen yang dipakai yaitu melalui kuesioner yang diberikan kepada remaja gereja serta wawancara dengan pengajar Pendidikan Agama Kristen dan pemimpin gereja. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara efektivitas Pendidikan Agama Kristen dan pertumbuhan rohani remaja. Hal ini tercermin dalam peningkatan pemahaman Alkitab, kedisiplinan dalam ibadah, serta keterlibatan aktif dalam pelayanan gereja. Faktor-faktor yang mendukung efektivitas pendidikan ini meliputi metode pengajaran yang interaktif, dukungan dari orang tua, serta bimbingan yang diberikan oleh pemimpin gereja. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, seperti rendahnya minat remaja dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan pengaruh budaya sekuler yang dapat memengaruhi komitmen spiritual mereka. Selain itu, penelitian ini menegaskan bahwa Pendidikan Agama Kristen yang terstruktur dan sesuai dengan kebutuhan remaja sangat efektif dalam mendukung pertumbuhan rohani mereka. Oleh karena itu, gereja diharapkan terus meningkatkan kualitas pendidikan ini dengan metode yang lebih inovatif serta menciptakan lingkungan rohani yang kondusif bagi perkembangan iman remaja.
Downloads
References
Arifin, HM. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1976.
Donald, Frederick J.MC. Educational Psychology. Tokyo: Overseas Publication LTD, 1959.
Eda, Yohanes Ratu. “Analisis Penggunaan Aplikasi Zoom Oleh Gereja Kristus Rahmani Indonesia Jemaat Diaspora Cawang Untuk Pembelajaran Alkitab Setelah Pandemi Covid-19.” EKKLESIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2023): 48–64.
Gaol, Samuel Lumban. Pendidikan Agama Kristen Dan Pembentukan Karakter Remaja. Bandung: Pustaka Rohani, 2021.
Hastuti, Rahmah. Psikologi Remaja. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2021.
Hendry, Hendry, and Vonny A Susanta. “Pertumbuhan Rohani Berdasarkan 1 Petrus 2: 1-4 Di Komunitas Ngobrolin Papi Surgawi Jakarta.” Kingdom 4, no. 2 (2024): 138–57.
Jahja, Yudrik. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana, 2011.
Kbbi.web.id. “Pendidikan,” 2025. https://kbbi.web.id/didik.
Kemdikbud. “Efektivitas,” 2025. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/efektif.
Kiswanto, Heri, and Like Pris Dian Cahyaningtyas. “Implementasi Metode Mengajar Variatif Dalam Pendidikan Agama Kristen.” EKKLESIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 2 (2024): 135–48.
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Al Ma’arif, 1989.
Moeljadi, David, Randy Sugianto, Jaya Satrio Hendrick, and Kenny Hartono. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Kebukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
Newman Jr, Barclay M. “Readability and the Preparation of Scriptures for Children.” The Bible Translator 31, no. 4 (1980): 407–12.
Peraturan Perundang-undangan. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan (2007). https://peraturan.bpk.go.id/Details/4777/pp-no-55-tahun-2007.
Poerbakawatja, Soegarda. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung, 1981.
Sahertian, Marthen. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Sudut Pandang John Dewey.” Jurnal Teruna Bhakti 1, no. 2 (2019): 101–16.
Santo, Joseph Christ, and Yonatan Alex Arifianto. “Pertumbuhan Rohani Berdasarkan 1 Petrus 2: 1-4 Dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Orang Percaya.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 5, no. 1 (2022): 1–21.
Simanjuntak, Yohanes. Efektivitas Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja. Jakarta: Penerbit Kristen Sejahtera, 2020.
Siregar, Antonius. PAK Di Era Digital: Tantangan Dan Solusi. Surabaya: Immanuel Press, 2022.
Sitinjak, Sintya Maryanti. “Korelasi Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Tingkat Kerajinan Siswa Ke Gereja Di SMP Negeri 13 Medan TA 2019/2020,” 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta, 2019.
Sukmadinata, N.S. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EKKLESIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.