KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK PERILAKU KRISTIANI SISWA

Authors

  • Safatulus Giawa Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat
  • Resti Damai Yanti Zai Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat
  • Sadile Asrani Gulo Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat
  • Aperius El Putra Hulu Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat
  • Deti Rosmeidar Gulo Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat

Keywords:

Teacher; Christian; Interpersonal Communication; Behavior, Guru, Kristiani, Komunikasi Interpersonal, Perilaku

Abstract

Abstract: Christian religious teachers in the learning process often ignore interpersonal communication in shaping students' Christian behavior through Christian religious education. This happens because Christian religious teachers only focus on information or messages through knowledge understood by students and focus on explaining learning materials and learning material targets. The purpose of this study was to determine how the interpersonal communication skills possessed by Christian religious education teachers in shaping students' Christian behavior. This study uses a literature study research method, with the implementation steps being first; collecting literature related to the research. Second; selecting and selecting valid and renewable sources. Third; conducting source analysis and fourth; presenting the results of data analysis. Based on the results of data analysis and presentation, it was found that interpersonal communication of Christian religious teachers needs to be carried out actively and routinely, because interpersonal communication is a means to convey messages appropriately, therefore Christian religious teachers need to create safe learning for students in shaping students' Christian behavior.

Abstrak: Guru agama Kristen dalam proses pembelajaran sering mengabaikan komunikasi interpersonal dalam membentuk perilaku kristiani siswa melalui pendidikan agama Kristen. Hal ini terjadi karena guru agama Kristen hanya fokus pada informasi atau pesan melalui pengetahuan yang dipahami oleh siswa dan fokus pada penjelasan materi pembelajaran serta target materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal yang dimiliki oleh guru pendidikan agama Kristen dalam membentuk perilaku kristiani siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka, dengan langkah-langkah pelaksanaannya adalah pertama; mengumpulkan literatur yang berkaitan dengan penelitian. Kedua; memilih dan menyeleksi sumber yang valid dan terbarukan. Ketiga; melakukan analisis sumber dan keempat; menyajikan hasil analisis data. Berdasarkan hasil analisis dan penyajian data, maka ditemukan bahwa komunikasi interpersonal guru agama Kristen perlu dilakukan secara aktif dan rutin, karena komunikasi interpersonal merupakan sarana untuk menyampaikan pesan secara tepat, oleh karena itu guru agama Kristen perlu menciptakan pembelajaran yang aman bagi peserta didik dalam membentuk perilaku kristiani siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbi, Muhammad, Badawi ; Dedi, and Rianto Rahadi. “Analisis Komunikasi Interpersonal Antar Mahasiswa President University.” Jurnal Communicology 9, no. 1 (2021): 123–137.

Basir, Muhammad. Pendekatan Pembelajaran. Sengkang: Lampena Intimedia, 2018.

Butar-butar, Rikardo Dayanto, Ester Lina Situmorang, Jabes Pasaribu, and Manahan Uji. “Pengajaran Tuhan Yesus Mengenai Toleransi Dan Implementasinya Ditengah Masyarakat Majemuk” 4, no. 1 (2019): 88–101.

Desi Putriany Br Sihombing, Elsida Triana Sari Br Ginting, Dorlan Naibaho. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengklasifikasikan Kemampuan Siswa.” Peada: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2023): 994–1005.

Dherlyn Laubila, Yandry Diana Dethan. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Perilaku Siswa-Siswi Di Sekolah” (2015).

Diaz, Bartholomeus. “Interpretasi : Dunia Mepertanyakan Apakah Alkitab Benar Diilhamkan Allah?” Jurnal Koinonia 9, no. 1 (2015): 13–21.

Duha, Asni Darmayanti. “Aplikasi Konsep Ajaran Sehat Menurut2 Timotius 1:13 Oleh Guru Agama Kristen.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 3, no. 2 (2020): 268–284.

Fredik Melkias Boiliu, Noh Ibrahim Boiliu, Esther Rela Intarti. “Pendidikan Agama Kristen Antisipatif.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei 4, no. September (2019): 124–136.

Gule, Yosefo. “Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Abdiel:

Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 1 (2021): 89–104.

Gulo, Liami. Wawancara Guru Agama Kristen. Nias Barat, 2024.

Gunawan, Agung. “Kedewasaan Rohani Dan Pemuridan.” Jurnal Theologia Aletheia 5, no. 1 (2017): 12.

Hasanah, Hasylm. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dalam Menurunkan Problem Tekanan Dalam Menurunkan Tekanan Emosi Berbasis Gender.” Jurnal Universitas Islam 11, no. 1 (2015): 9.

Heri Kiswanto, Aristo, Like Pris Dian Cahyaningtyas. “Mplementasi Metode Mengajar Variatif Dalam Pendidikan Agama Kristen” 2, no. 2 (2024).

Hong, Joshua Young Gi. Building A House Of Prayer. Yogyakarta: ANDI, 2010.

Husada, Anna Kurniawati. “Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Prososial Pada Remaja.” Persona: Jurnal Psikologi Pendidikan 2, no. 3 (2013): 266–277.

Idhayani, Nurul, Nasir Nasir, and Hasma Nur Jaya. “Manajemen Pembelajaran Untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan Di Masa New Normal.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1556–1566.

Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei 1, no. 2 (2016): 28–40.

Khery, Yusran, Pahriah Pahriah, and Hasinarmi Hasinarmi. “Tingkat Peranan Pembelajaran Kimia Dalam Mendukung Gerakan Sekolah Sehat, Aman, Ramah Anak, Danmenyenangkan (Studi Kasus).” Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia 4, no. 2 (2016): 111.

Laia, Martinus. “Analisis Model Pengajaran Tuhan Yesus Berdasarkan Matius 5:13-16: Teladan Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1, no. 3 (2022): 533–542.

Liong, Yusman. “Sikap Hidup Dari Sudut Pandang Kristen.” Jurnal: Te Deum 1, no. 1 (2011): 129–146.

Maria, Agustinus Manullang dan Renny. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Medan.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Bethel Medan, no. Juni (2023): 30.

Michelle Kasim. “Pembuatan Cerita Alkitab Tentang Yunus Berbasis Animasi Stop Motion.” Calypta: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 4, no. 1 (2015): 4.

Muslim, Ibnu Fiqhan, Fahmi Salsabila, and Priyono Priyono. “Urgensi Model Komunikasi Dua Arah Pada Proses Pendidikan.” Intelektium 3, no. 2 (2022): 147–151.

Mutiaramses, Neviyarni S, Irda Murni. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 6, no. 1 (2021): 43–48.

Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso, and Khairul Anwar. “Karakteristik Komunikasi Interpersonal Serta Relevansinya Dengan Kepemimpinan Transformasional.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5, no. 1 (2021): 25.

Sanjaya, H Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2016.

Shalehah, Siti, and Siti Salamah. “Penanaman Nilai-Nilai Kebersihan Lingkungan Oleh Guru Di MI Hayatuddiniyah Jambu Burung Kecamatan Benruntung Baru Kabupaten Banjar.” Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ilmiah VII, no. 1 (2017): 145–166.

Sonya Iman Lestari Lumbantobing. “Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Kristiani.” Kerusso: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2015): 32.

Suhanti, Indah Yasminum, Dwi Nikmah Puspitasari, and R Dewi Noorrizki. “Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa UM.” In Prosiding Seminar Nasional Psikologi Klinis, 32, 2018.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–231.

Zaluchu, Sonny Eli. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 249–266.

Zebua, Frendi Sofyan. “Kompetensi Profesional Guru Agama Kristen Untuk Pembelajaran Di Era Digital.” EKKLESIA Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2023): 120–132.

Downloads

Published

2024-11-20

How to Cite

Safatulus Giawa, Resti Damai Yanti Zai, Gulo, S. A., Hulu, A. E. P., & Gulo, D. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK PERILAKU KRISTIANI SISWA. EKKLESIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(1), 67–78. Retrieved from https://ojs.sttekklesiaptk.ac.id/index.php/ekklesia/article/view/79