Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.63576/ekklesia.v1i1.6Keywords:
anak usia dini, guru, pendidikan agama Kristen, strategiAbstract
Abstract: Early childhood (0-5 years) are those who are experiencing brain growth very quickly so they really need special attention in receiving proper education. The purpose of this study is to explain the importance of Christian Religious Education for children and to describe various strategies of Christian Religious Education teachers in educating or increasing interest in learning in early childhood. The method used in this research is the literature study method. Through this research it can be seen that early childhood is the right time for children to receive spiritual things both from their parents and teachers so that children's character can be formed properly, because it is at this time that they easily receive stimulation from other people. others and easy to imitate what they see. So it is very important for Christian Religious Education teachers to choose the right strategy to increase children's interest in learning so that they produce quality children who will continue the nation and church and have strong faith.
Abstrak: Anak usia dini (0-5 tahun) adalah mereka yang sedang mengalami pertumbuhan otak dengan sangat cepat sehingga mereka sangat perlu perhatian khusus dalam menerima pendidikan yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan begitu pentingnya Pendidikan Agama Kristen bagi anak dan memaparkan berbagai macam strategi guru Pendidikan Agama Kristen dalam mendidik ataupun meningkatkan minat belajar pada anak usia dini. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa pada masa anak usia dini adalah masa yang tepat bagi anak untuk menerima hal-hal yang rohani
baik itu dari orang tua maupun guru mereka sehingga karakter anak dapat dibentuk dengan baik, dikarenakan pada masa inilah mereka mudah menerima rangsangan dari orang lain dan mudah untuk menirukan apa yang mereka lihat. Maka sangat penting bagi guru Pendidikan Agama Kristen dalam memilih strategi yang tepat untuk meningkatkan minat belajar pada anak supaya dihasilkan anak-anak penerus bangsa dan gereja yang berkualitas dan memiliki iman yang kuat.
Downloads
References
Asih, Neng Sri Sinta, and Jojor Renta Maranatha. “Penggunaan Monopoli Bintang Untuk Mengembangkan Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun.” Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (September 23, 2022): 33–46. https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/kiddos/article/view/251.
Aspiani, Reny Yuli. “Mengenal Masa Golden Age Pada Anak.” Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB (2021).
Dini, direktorat pembinaan pendidikan anak usia, direktorat jenderal pendidikan anak usia dini, dan pendidikan masyarakat, and kementerian pendidikan dan kebudayaan. “petunjuk teknis penyelenggaraan taman penitipan anak” (2015).
Fatima Mardina Angkur, Maria, Maria D. V. Banggur, and Herlinda Jeminda. “Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Perak Kecamatan Cibal.” Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (September 23, 2022): 18–32. https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/kiddos/article/view/239.
Herawati, Kristina. “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen (PAK) Bagi Etiket Pergaulan Anak” (2016).
Kuntjojo. “Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.”
Manurung, Kosma. “Memitigasi Peranan Ayah Dalam Menanamkan Ketekunan Pada Anak Usia Dini Di Keluarga Kristiani.” Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (September 16, 2022): 1–17. https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/kiddos/article/view/232.
Manurung, Rismag Dalena Florentina Monica Br, Jenri Prada Sibarani, Betaria Siahaan, Sylvia Natalia, Ivan Ivan, Yunardi Kristian Zega, and Daniel Agustin. “Keterlibatan Guru Dalam Pelayanan Ibadah Sekolah Minggu: Upaya Membentuk Karakter Anak Melalui Metode Bermain Di Pulau Teluk Nipah.” REAL COSTER: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4, no. 2 (2021): 66–73.
Marzuki, Marzuki, Ria Rahayu, Bunga Mercewilly, and Hasan Syahrizal. “Manajemen Pengembangan Profesionalitas Guru Taman Kanak-Kanak.” Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (September 23, 2022): 63–73. https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/kiddos/article/view/249.
McCain, Margaret, and J.Fraser Mustard. Early Years Study: Reversing the Real Brain Drain, 1999.
Rohaeti, Hj.Lilis, Endang Suhendar, and Purwati Daisah. “Perbandingan Pendidikan Di Negara Kanada Dan Indonesia” (2013).
Saepudin, Asep. “Problematika Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia” (n.d.).
Stevanus, Kalis, and Dwiati Yulianingsih. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini” 2 (2021).
Zega, Yunardi Kristian. “Manajemen Gereja Dalam Pelayanan Sekolah Minggu: Upaya Membangun Kesetiaan Anak Terhadap Pelayanan Gereja.” ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 1 (2021): 23–34.
———. “Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik.” Jurnal Apokalupsis 13, no. 1 (June 30, 2022): 70–92. https://www.ojs.hits.ac.id/index.php/OJS/article/view/41.
Zega, Yunardi Kristian, Renson Siahaan, Mitra Binariang Lase, Desetina Harefa, and Dewi Lidya S. “Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Era Teknologi.” Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (September 23, 2022): 47–62. https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/kiddos/article/view/247.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 EKKLESIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








