Respon Gereja Terhadap Pluralisme Dalam Aktivitas Misiologi Kristen
DOI:
https://doi.org/10.63576/ekklesia.v1i1.11Keywords:
Church, Pluralism, Response, MissiologyAbstract
Abstract: Abstract: Pluralism is a phenomenon that cannot be avoided in all aspects of life, especially in the field of religion (religion). This pluralism raises various basic beliefs that have the potential to influence the attitude and even the identity of the church in missionary church activities. That is why it is important to understand the church's response to pluralism and the context of Christian missiology, where the church continues to carry out its function as evangelists. The researcher uses a qualitative method of literature study. The results obtained are that the Church remains in a missionary state in the representation of God's love in the midst of pluralism.
Abstrak: Pluralisme merupakan suatu fenomenal yang tidak dapat dihindari dalam segala bidang aspek kehidupan secara khusus dalam bidang agama (religus). Pluralisme ini memunculkan berbagai dasar keyakinan yang sangat potensial dalam mempengaruhi sikap bahkan identitas gereja dalam aktifitas gereja yang misionaris. Oleh sebab itulah pentingnya pemahaman akan respon gereja terhadap pluralisme dan konteks misiologi Kristen, dimana gereja tetap menjalankan fungsinya sebagai pemberita Injil. Peneliti menggunakan metode kualitatif studi pustaka. Hasil yang diperoleh bahwa Gereja tetap dalam keadaannya yang misionaris dalam representasi kasih Allah ditengah kemajemukan.
Downloads
References
Agung, Iskandar. 2004. Strategi Mengembangkan Organisasi Pembelajar Di Sekolah.
Jakarta: Bee Media Indonesia.
Alifuddin Moh. 2012. Strategi Inovasi Peningkatan Mutu pendidikan,
Jakarta:MAGNAScript Publishing.
Atmodiwirio, Soebagio. 2005. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Arda Dizya Jaya.
Aswandi. 2008. Belajar Menjadi Manusia. Pontianak: Muare PR.
Allyn and Bacon,Icn. 1998. Personnel Administration In Education. Boston London
sydney.
Baum, Herb dkk. The Transparent Leadership: Strategi Membangun Perusahaan Besar
Melalui Komunikasi, Keterbukaan, dan Akuntabilitas. Jakarta: PT Bhuana Ilmu
Populer.
Engkoswara dan Aan Komariah. 2011. Administrasi pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Faisal, Sanafiah. 1990. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan Aplikasi. Malang: YA3
Malang.
Hamzah B Uno dan Nina Lamatenggo. Teori Kinerja dan pengukurannya. Jakarta : PT.
Bumi Aksara.
Maxwell, John C. 2004. The 21 Irrefutable Laws of Leadership (21 Hukum
Kepemimpinana Sejati). Batam: Interaksara.
Moekidjat. 1997. Administrasi Perkantoran. Bandung: Mandar Maju
Mulyono, 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz
Media
Nina, Lamatenggo dan Hamzah B. Uno. 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta:
Bumi Aksara
Rama, K Tri. 1988. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar.
Rawita, Ino Sutisno. 2011. Mengelola Sekolah Efektif: Perspektif Manajerial dan Ilmu
Sekolah. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo
Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.
Sagala, Syaiful. 2012. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Sallis, Edward. 2006. Total Quality Manajement In Education (Manajemen Mutu
Pendidikan). Yogyakarta: IRCiSoD
Sarbini dan Neneng Lina. 2011. Perencanaan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Shelton, Ken. 1997. A New Paradigm of Leadership (Visions of Excellence For 21
st Century
Organization). Executive Excellence Publishing.
Tim Penyusun. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri
Malang.
Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi PEngembangan PRofesi Pendidikan
dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Umam, Khaerul. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ula S. Shoimatul. 2013. Buku Pintar Teori-Teori: Manajemen Pendidikan Efektif.
Jogjakarta: Berlian.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 EKKLESIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








